XLSMART Kerahkan Tim 24 Jam Pulihkan Layanan Telekomunikasi dan Salurkan Bantuan di Sumatra

XLSMART Salurkan Bantuan Darurat untuk Korban Bencana di Sumatera. Foto ist.

HARIAN KALBAR (MEDAN) – PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) memastikan proses pemulihan jaringan telekomunikasi di wilayah terdampak banjir dan longsor di Sumatra terus berjalan intensif. Sejumlah BTS di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat masih mengalami gangguan setelah bencana yang melanda pada akhir November lalu.

Regional Group Head XLSMART West Region, Desy Sari Dewi, menyampaikan rasa duka atas bencana yang terjadi, sekaligus memastikan bahwa tim teknis di lapangan bekerja tanpa henti untuk menjaga layanan tetap tersedia bagi warga dan otoritas penanggulangan bencana.

Bacaan Lainnya

“Kami turut berduka dan prihatin atas bencana banjir yang menimpa sejumlah wilayah di Sumatra. Saat ini tim teknis di lapangan terus bekerja selama 24 jam untuk memastikan layanan telekomunikasi tetap tersedia. Kami juga memobilisasi genset untuk menjaga operasional BTS,” ujar Desy, Senin 1 Desember 2025.

Ia menjelaskan bahwa genangan banjir, akses jalan yang tertutup longsor, serta terbatasnya pasokan BBM untuk genset menjadi tantangan utama dalam percepatan pemulihan jaringan. Meski demikian, beberapa layanan di wilayah terdampak sudah mulai berangsur pulih.

Hingga kini terdapat 691 BTS yang masih terdampak, mencakup 538 BTS di Aceh (Kabupaten Pidie Jaya, Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Tamiang). Dan,
120 BTS di Sumatera Utara (Kabupaten Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Kota Sibolga) 33 BTS di Sumatera Barat (Kabupaten Padang Pariaman, Tanah Datar, Solok)

Di samping pemulihan jaringan, XLSMART juga menyalurkan bantuan darurat melalui program CSR “XLSMART Peduli Bencana Sumatera”. Bantuan diberikan bekerja sama dengan DT Peduli, UMKM lokal, mitra diler, dan aparat daerah.

Bantuan berupa paket kebutuhan pokok seperti sembako, makanan ringan, minuman, serta perlengkapan bayi dan anak disalurkan ke enam titik wilayah paling terdampak yaitu Pidie Aceh, Lhoksumawe, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Pariaman, dan Tanah Datar.

Distribusi dimulai sejak Jumat 28 November 2025 oleh tim XLSMART Aceh bersama mitra DT Peduli, dan berlanjut hingga Senin 1 Desember 2025 di beberapa wilayah lainnya.

“Selain memaksimalkan pemulihan jaringan, kami juga memastikan penyaluran bantuan terus berjalan. Dua titik sudah menerima bantuan, yaitu Pidie Aceh dan Padang Pariaman. Bantuan menuju Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal sedang dalam perjalanan, dan akan dilanjutkan ke Tanah Datar dan Lhoksumawe,” jelas Desy.

Ia menambahkan bahwa meski kondisi lapangan penuh kendala, XLSMART berusaha memastikan seluruh bantuan dapat menjangkau wilayah terdampak dan meringankan beban warga di pengungsian.

Sebagai bagian dari komitmennya, XLSMART menegaskan akan menjaga kualitas layanan komunikasi bagi semua pihak yang terlibat dalam penanganan bencana. Saat ini, perusahaan memiliki lebih dari 14 juta pelanggan di wilayah Sumatra dan didukung lebih dari 47.000 BTS. (*)