HARIAN KALBAR (PONTIANAK) – Telkomsel, sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, kembali menunjukkan komitmennya untuk mendukung kelancaran perayaan Cap Go Meh di kota Singkawang dan Pontianak, Kalimantan Barat. Perayaan yang akan mencapai puncaknya pada 12 Februari 2025 ini diperkirakan akan menjadi salah satu acara terbesar yang menarik perhatian ribuan wisatawan domestik dan mancanegara.
Vice President Area Network Operations Pamasuka Telkomsel, Aris Setyo Utomo menyebutkan, pada tahun lalu, Singkawang mencatatkan lebih dari 1,6 juta pengunjung, yang menjadikan acara ini sebagai magnet pariwisata di Kalimantan Barat. Tahun ini, Telkomsel hadir dengan dukungan penuh untuk memastikan bahwa infrastruktur komunikasi dan jaringan broadband di dua kota tersebut berjalan optimal selama perayaan. Perusahaan ini telah menyiapkan berbagai teknologi canggih untuk meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman digital bagi masyarakat, antara lain dengan menghadirkan 2 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), 21 unit iMacro, 4 unit massive MIMO, serta tambahan 5 BTS 4G baru. Selain itu, Telkomsel juga telah mengoptimalkan jaringan 4G di 180 existing site.
Langkah strategis ini dilakukan untuk memastikan kelancaran komunikasi di berbagai lokasi acara, seperti Kantor Walikota Singkawang, Panggung Kehormatan, Stadion Kridasana, Bandara Pangmilang, Altar, Pekong Tua, Vihara Thai Pak Kung, lokasi bazar kuliner, rute pawai, dan tempat penginapan di Singkawang. Tidak hanya itu, Telkomsel juga memperkuat jaringan di kawasan utama di Pontianak, termasuk di Jalan Diponegoro dan Gajah Mada, Bandara Supadio, serta beberapa tempat penginapan dan area strategis lainnya.
Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan, Telkomsel juga memperkenalkan Paket Spesial Cap Go Meh yang berlaku dari 5 hingga 13 Februari 2025. Paket ini menawarkan kuota 8 GB dengan harga hanya 8.000 rupiah, yang berlaku selama 8 hari untuk pelanggan prabayar Telkomsel dengan kriteria tertentu di Singkawang. Pelanggan bisa membeli paket ini satu kali melalui *363*50# atau aplikasi MyTelkomsel, dengan jumlah transaksi terbatas setiap harinya.
“Telkomsel berkomitmen untuk mendukung kesuksesan Cap Go Meh di Singkawang dan Pontianak dengan memastikan optimalisasi jaringan broadband serta ketersediaan produk dan layanan unggulan. Kami memprioritaskan kualitas jaringan demi kenyamanan pelanggan dan wisatawan, agar mereka dapat menikmati akses komunikasi yang lancar, sekaligus memperkuat citra pariwisata Indonesia di dunia,” kata Aris Setyo Utomo.
Perayaan Cap Go Meh ini juga menjadi bagian dari kalender event nasional Karisma Event Nusantara (KEN) 2025 yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Selain mendukung pariwisata, acara ini juga bertujuan untuk mempromosikan destinasi wisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi dan sosial budaya, dengan prinsip pembangunan yang berkelanjutan.
Dengan semua dukungan ini, Telkomsel berharap dapat turut menyukseskan perayaan Cap Go Meh dan memperkuat ekosistem digital serta pariwisata di Kalimantan Barat, yang pada akhirnya mendukung industri pariwisata nasional secara lebih luas. (*)