Kepala BKKBN Kalbar Menilai Kader Posyandu Telah Cakap dan Paham Melayani Masyarakat

Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar Pintauli Romangasi Siregar saat melihat para kader di Posyandu Kecubung Kecamatan Singkawang Utara. Foto ist.

HARIAN KALBAR (SINGKAWANG) -Kepala Prrwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Barat Pintauli Romangasi Siregar memberi penilaiannya secara keseluruhan para kader Posyandu telah cakap dan mampu dalam memberikan pelayanan kesehatan Kepada masyarakat. Hal itu diungkapkan Pinta, ketika melihat para kader di Posyandu Kecubung Kecamatan Singkawang Utara Rabu 12 Juni 2024 memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

“Kami tadi mengamati para kadernya, memang mereka sudah cukup terampil kalau menurut saya, karena mereka sudah tahu tahapannya. Jadi kita amati bagaimana mereka mengukur, bagaimana mereka melayani para balita dengan begitu sabarnya, nangis-nangis pun dan sebagainya, kader itu tetap semangat,” ujar Pinta.

Bacaan Lainnya

Pinta mengatakan, di Posyandu itu para kader tetap melakukan penimbangan dan pengukuran dengan baik. Mereka paham cara membujuk anak-anaknya sehingga ketika dilakukan pengukuran bisa berjalan dengan lancar.

Menurutnya kondisi para kader di sini sangat luar biasa, walaupun ini menurut teman-teman merupakan bagian dari daerah yang agak terpinggirkan. Tetapi secara pemahaman dan pengetahuan para kader posyandu ini sudah sama kemampuannya dengan kader posyandu di daerah kota.

Jadi artinya penularan keilmuannya sudah menjalar ke seluruh posyandu. Meski begitu memang ada beberapa masukan dari tim Setwapres yang datang dari hasil pengamatannya dan memang harus diperbaiki.

“Kalau dari kami (BKKBN) dengan kondisi sosial masyarakat seperti ini sudah sangat luar biasa pelayanan yang dilakukan masyarakat dan yang terpenting satu bahwa tempat Posyandu ini sudah 18 tahun berjalan dan menggunakan rumah warga,” ujar Pinta.

Dengan kerelaan hati yang sangat luar biasa ini mendorong semua pihak bahwa masyarakat ternyata butuh pelayanan yang lebih baik lagi. (*)