HARIAN KALBAR (PONTIANAK) – Memasuki usia ke-25, Biznet menegaskan perannya sebagai pelopor transformasi digital di Indonesia dengan memperluas konektivitas, memperkuat infrastruktur digital, dan menghadirkan inovasi layanan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Seperempat abad bukan hanya soal waktu, tapi tentang konsistensi Biznet dalam membangun masa depan digital yang inklusif, cepat, dan andal.
Sejak didirikan pada tahun 2000, Biznet tidak hanya fokus membangun jaringan, tetapi juga menjadi jembatan penghubung masyarakat Indonesia menuju dunia digital yang merata. Dengan semangat untuk terus berkembang, Biznet kini telah membentangkan jaringan The New Biznet Fiber sepanjang lebih dari 100.000 km, menjangkau puluhan wilayah dari Jawa, Sumatra, Kalimantan, hingga Flores dan Timor, dengan lebih dari 3 juta homepass.
Salah satu pencapaian penting di tahun perak ini adalah aktifnya jaringan kabel fiber optik bawah laut di Pulau Jawa sejak Maret 2025, menghubungkan Jakarta, Cirebon, Semarang, hingga Surabaya. Proyek ini menjadi pondasi dari pengembangan Biznet Nusantara Cable System-2 (BNCS-2), yang akan memperluas konektivitas antar pulau, termasuk ke Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.
Menurut Adi Kusma, President Director Biznet, perjalanan 25 tahun ini adalah bukti nyata dari komitmen perusahaan untuk terus berinovasi dan mendekatkan layanan internet kepada seluruh masyarakat Indonesia. “Kami percaya bahwa akses Internet yang cepat dan stabil bukan lagi kebutuhan sekunder, melainkan hak dasar di era digital saat ini. Karena itu, setiap langkah Biznet diarahkan untuk memperluas akses tersebut ke seluruh pelosok negeri,” ujarnya, Kamis 9 Oktober 2025.
Data terbaru dari APJII menunjukkan bahwa penetrasi Internet Indonesia meningkat menjadi 80,66% di tahun 2025, atau sekitar 229 juta jiwa. Angka ini menjadi bukti bahwa kebutuhan akan koneksi yang cepat dan andal semakin tinggi, dan mendorong Biznet untuk terus memperluas jangkauan dan meningkatkan kapasitas.
Biznet juga terus memperkuat misinya melalui program tanggung jawab sosial. Salah satunya dengan menyediakan layanan Internet gratis kepada lebih dari 300 kepala keluarga di sekitar area pendaratan kabel bawah laut (MarinePOP) di berbagai kabupaten, seperti Jembrana, Serang, Gresik, hingga Banyuasin. Inisiatif ini membuktikan bahwa pemerataan akses digital tidak hanya menjadi wacana, tetapi dijalankan secara konkret.
Untuk mendukung sektor-sektor strategis seperti pendidikan dan kesehatan, Biznet juga menghadirkan layanan khusus EducationNET dan HealthNET, dengan bandwidth besar dan harga terjangkau. Di sisi lain, layanan Biznet Hotspot juga terus dikembangkan di berbagai area publik, khususnya institusi pendidikan dan fasilitas kesehatan.
Guna menyemarakkan perayaan ulang tahun ke-25, Biznet memberikan tambahan kapasitas bandwidth 150 Mbps untuk seluruh pelanggan Biznet Home selama Oktober 2025. Ini merupakan apresiasi sekaligus bukti komitmen dalam memenuhi kebutuhan masyarakat atas koneksi berkualitas tinggi di rumah.
Tak hanya soal teknologi, Biznet juga menunjukkan kepedulian terhadap gaya hidup sehat. Melalui Biznet Fun Run Pontianak yang akan digelar pada 26 Oktober 2025 di Museum Kalimantan Barat, Biznet mengajak masyarakat bergerak aktif sambil merayakan manfaat dari hidup yang terkoneksi.
Sebagai bagian dari rangkaian selebrasi, Biznet juga menghadirkan Biznet Prize Vaganza, sebuah program hadiah menarik untuk pelanggan baru Biznet Home dan Biznet Metronet, yang berlangsung dari September hingga Desember 2025. Pelanggan setia pun akan mendapat kejutan khusus di tahun 2026 sebagai bentuk penghargaan atas kepercayaan yang telah diberikan.
Menutup perayaan tahun ini, Adi Kusma menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menjadi bagian dari perjalanan Biznet. “Kami tumbuh karena kepercayaan pelanggan, semangat para karyawan, dukungan mitra, dan keterbukaan masyarakat. Di usia ke-25 ini, kami berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik demi masa depan digital Indonesia yang lebih cerah,” kata Andi. (*)