Dengan Jaringan Broadband 5G di IKN, Trafik Data Telkomsel Melonjak Hingga 650 Persen

HARIAN KALBAR (PONTIANAK) – Telkomsel dalam rilisnya menyebutkan, sejak awal tahun 2023, Telkomsel telah aktif dalam pembangunan dan pengembangan konektivitas broadband terdepan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Dan, hingga saat ini Telkomsel telah menghadirkan dan menyiapkan 55 Base Transceiver Station (BTS) berteknologi terkini 5G dan 4G di berbagai lokasi strategis di IKN.

Selain itu, Telkomsel juga telah memastikan konektivitas bagi para pelanggan yang akan memasuki wilayah IKN dengan menambah dan mengoptimalisasi jaringan di dua ruas tol yang menghubungkan IKN, yakni Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Tol Baru IKN.

Bacaan Lainnya

Dengan kehadiran infrastruktur terdepan tersebut, Telkomsel mencatatkan lonjakan trafik data hingga 650 persen dengan total payload per harinya rerata mencapai 37.4 Terabyte. Peningkatan trafik ini dipicu oleh semakin tingginya aktivitas digital dari para pekerja, masyarakat, dan pengunjung yang beraktivitas di IKN.

Dengan dukungan infrastruktur jaringan yang luas dan andal serta inovasi berkelanjutan di IKN, mempertegas langkah strategis Telkomsel dalam mendukung pemerintah untuk mewujudkan IKN sebagai pusat pemerintahan baru yang memiliki kapabilitas smart city dan berbasiskan teknologi.

Hingga saat ini Telkomsel merupakan penyedia layanan telekomunikasi digital terbaik di regional dengan mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaya saing tinggi. Hal itu untuk membuat hari ini menjadi lebih baik dan menciptakan masa depan yang gemilang, dengan menyediakan konektivitas, layanan dan solusi yang inovatif serta unggul bagi semua orang, setiap rumah, dan kegiatan usaha, untuk membuka semua peluang.

Selaras dengan semangat Indonesia untuk digitalisasi negeri, Telkomsel berperan sebagai penyedia layanan konvergensi terbesar yang secara konsisten melakukan pemerataan jaringan 4G.

Kemudian juga mengembangkan teknologi 5G, dan menerapkan teknologi fixed broadband terkini guna meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan serta juga mengembangkan layanan digital.Hal itu meliputi Digital Lifestyle, Digital Advertising, Digital Enterprise Solutions, dan Internet of Things.

Selama 29 tahun berdiri, Telkomsel kini hadir dengan dukungan lebih dari 265.900 BTS serta melayani lebih dari 159,9 juta pelanggan mobile dan lebih dari 9,1 juta pelanggan fixed broadband (IndiHome-B2C) yang tersebar hingga ke seluruh pelosok negeri.

Dalam menjalankan operasional perusahaan yang berkelanjutan, Telkomsel juga menerapkan prinsip ESG untuk memberikan dampak positif terhadap ekosistem perusahaan. Informasi dan layanan pelanggan lebih lengkap dapat diakses melalui website: www.telkomsel.com, facebook.com/Telkomsel, Twitter @telkomsel, dan Instagram @telkomsel serta asisten virtual Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel. (*)